Skip to main content

BNPB

Perempuan Guru Kesiapsiagaan: Produktif dan Aman dari COVID-19


Kode Kursus
BNPB103
Kursus Dimulai
08 Mar, 2021
Kursus Berakhir
29 Mar, 2021
Estimasi Waktu Belajar
2 Jam 30 Menit
Harga
Free

Tentang Kursus

Kursus ini mengetengahkan substansi pengetahuan yang berkaitan dengan penanganan COVID-19 dalam kerangka pengelolaan risiko bencana non-alam; meliput bagaimana memahami risiko bencana COVID-19, upaya pencegahan/mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi COVID-19, membangun ketangguhan keluarga melalui prinsip-prinsip inklusi sosial dan gender, upaya penanganan kedaruratan COVID-19 di dalam lingkup keluarga, beradaptasi dan menjalankan kebiasaan-kebiasan baru ditengah bahaya COVID-19, serta bagaimana menjadi ekonomis dan melakukan kegiatan ekonomi produktif dalam situasi COVID-19.

Tujuan Kursus

Melalui kursus ini, diharapkan peserta IndonesiaX memahami risiko bencana COVID-19, menerapkan langkah pencegahan COVID-19, dan beradaptasi dan menjalankan kebiasaan-kebiasaan baru di tengah bahaya COVID-19.

Mengapa Anda Perlu Mengikuti Kursus Ini

Setelah mengikuti kursus ini, pembelajar akan kenal lebih dekat dengan COVID-19, sehingga mempunyai kesadaran dan pemahaman yang lebih baik dalam penanganan dan proses beradaptasi di tengah bahaya COVID-19.

Dr. Raditya Jati, S.Si., M.Si

Dr. Raditya Jati, S.Si., M.Si

Raditya Jati adalah Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB dan Plt Deputi Bidang Sistem dan Strategi. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Perencanaan Pembangunan Daerah tahun 1995 di UGM. Selanjutnya, beliau menyelesaikan program master Ilmu Lingkungan di kampus yang sama pada tahun 2005, yang dilanjutkan dengan S3 Sandwitch Program di UGM dan Utrecht University hingga pada tahun yang sama. Bapak Raditya Jati mempunyai pengalaman bekerja sebagai staff peneliti di BPPT tahun 1996 – 2017. Beliau juga berperan aktif sebagai pengajar beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan Ilmu Lingkungan maupun Manajemen Bencana di beberapa kampus, yaitu UGM dan UNY.

Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Sc

Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Sc

Agus Wibowo adalah Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana di bawah Deputi Bidang Sistem dan Strategi. Setelah menempuh pendidik S1 di Teknik Sipil UGM Yogyakarta, beliau melanjutkan pendidikan S2 bidang Teknologi Informasi Geospasial di University of Twente, Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation (ITC) dan Wageningen Agricultural University (WAU) Belanda, dan program Doktoral bidang Teknologi Geomatika Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITS Surabaya. Dari tahun 1992 sampai dengan 2012 beliau bekerja di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai perekayasa bidang teknologi inventarisasi untuk sumberdaya alam khususnya dalam teknologi sistem informasi geografis dan penginderaan jauh. Sejak Februari 2012 pindah ke BNPB sebagai kepala bidang data dan informasi, kemudian tahun 2017 menjadi Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi, tahun 2018 sebagai Kepala Pusdiklat Penanggulangan Bencana, tahun 2019 menjadi Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat, dan sejak 2020 sebagai Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana.

dr. Eko Wahyu Agustin, MM.

dr. Eko Wahyu Agustin, MM.

Dr. Eko Wahyu Agustin, MM adalah lulusan Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Airlang pada tahun 1998. Beliau kemudian melanjutkan pendidikan S2 Magister Manajemen di STIE Mahardika, dan lulus di tahun 2012. Selain berprofesi sebagai dokter umum dengan focus di layanan kegawatdaruratan dan kesehatan ibu anak, Beliau pernah menjadi dosen di beberapa sekolah tinggi ilmu kesehatan, juga sebagai trainer BFA AFA di perusahaan. Dr. Eko juga aktif mengikuti pelatihan-pelatihan kesehatan seperti Sphere di tahun 2010 dan berbagai pelatihan manajemen rumah sakit. Ia pernah menjabat sebagai Manajer Pelayanan Medis RS Bunda Sidoarjo pada tahun tahun 2013, sebagai Direktur RSIA Lombok Dua Dua Surabaya di tahun 2014-2017, dan menjadi Direktur RS Wiyung Sejahtera Surabaya sejak 2017 sampai sekarang. Di bidang organisasi profesi, Ia menjadi pengurus IDI Cabang Surabaya 2017 - 2020, pengurus PDUI komisariat Surabaya 2020 - 2023, dan juga pengurus PDUI Wilayah Jawa Timur. Selain itu, saat ini ia juga sebagai salah satu anggota Satgas Covid 19 IDI Surabaya.

Instagram : @eko_wahyu_agustin

Ninil Riyati Miftahul Jannah

Ninil Riyati Miftahul Jannah

Ninil Riyati Miftahul Jannah adalah tenaga pengajar di Pusdiklat PB BNPB. Ia menyelesaikan program studi S1 Kedokteran pada tahun 1997 di Universitas Airlangga. Ia aktif mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan penanganan bencana dan lingkungan, diantaranya AMDAL Dasar, TOT Pusdiklat BNPB, dan TOT Kota Tangguh UNISDR. Selain itu, beberapa tahun terakhir, Beliau terlibat sebagai tenaga pengajarpada beberapa kegiatan, seperti Pembekalan Fasilitator Desa Tangguh, Bimtek Sekolah, dan Madrasah Aman Bencana.

Faizal Alfa

Faizal Alfa

Faizal Alfa adalah Direktur PT Fortuna iMARKS Trans. Setelah menempuh Pendidikan S1 di Ilmu Komunikasi - Fisip - Universitas Brawijaya, ia berkarir di beberapa perusahaan, yaitu: Radio Mitra FM, Indonesia International Standard School (IISS), Surplus Indonesia. Selanjutnya, ia memilih jalur entrepreneurship dengan mendirikan beberapa perusahaan rintisan Seperti : TataWarna Marketing Communication, Nais Konten Production, EKSISO! Search Engine Marketing, dan Media Online : Malang Note. Ia juga mengajar sebagai dosen praktisi di Universitas Brawijaya Malang, Universitas Trunojoyo Madura, STT Malang. Selain itu, ia mempunyai pengalaman menulis beberapa buku pemasaran, yaitu: 3D Marketing, LaperPreneur, dan Kitab Kuning Internet Marketing. Beliau juga terlibat dalam program Marketing Communication untuk PT Telkom Indonesia, PLN Distribusi Jawa Timur, Kemenparekraf. Sejauh ini, ia berperan sebagai konsultan pemasaran untuk klien yang tersebar di Malang, Surabaya, Jakarta, Tangerang, Bandung, Medan, Pekanbaru, Samarinda, Bontang, Palu, Makassar.

Instagram : @alfafaizal

dr. Fala Adinda

dr. Fala Adinda

Fala Adinda merupakan seorang dokter lulusan Universitas Yarsi pada tahun 2007. Ia bekerja sebagai dokter aesthetic di klinik kulit dr. Titi Moertolo benhil. Selain itu, ia mempunyai pengalaman sebagai relawan gelombang 5 Wisma Atlet dan personil sub bidang Mitigasi Satgas Nasional Penanganan Covid-19.

Instagram : @adindafala