Skip to main content

FinancialPlanningStandardsBoardIndonesia

Pengantar Singkat Atas Perencanaan Keuangan Individu


Kode Kursus
FPSB101
Kursus Dimulai
21 Jun, 2021
Kursus Berakhir
04 Jul, 2021
Estimasi Waktu Belajar
1 Jam/Minggu
Harga
Free

Tentang Kursus

Kursus ini fundamental, terutama bagi generasi muda, yang akan menjadi kelas menengah baru Indonesia. Sebagai lapis terbesar dalam masyarakat, kelas menengah Indonesia menjadi faktor penting dalam perekonomian nasional. Maka, diharapkan kelas ini memiliki ketangguhan dan literasi finansial yang baik.

Terkenal sebuah aksioma, berbunyi “Bukan tentang berapa banyak yang kau hasilkan, melainkan berapa banyak yang kau simpan”. Kursus ini bertujuan memberikan wawasan awal tentang perencanaan keuangan dan urgensinya dalam kehidupan.

Kursus ini sudah memasuki putaran keduapuluh. Anda bisa mengakses video dan ujian Akhir kursus ini kapan saja karena materi tidak dirilis mingguan atau self-paced. Anda mengikuti kursus ini bersama dengan teman dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Silakan memperkenalkan diri di forum diskusi, untuk berinteraksi dengan IndoneXian lainnya.

Topik Kursus

  • Materi 1

    Simply Financial Planning

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa itu Financial Planning Standards Board Indonesia?

Financial Planning Standards Board Indonesia (FPSB Indonesia) adalah badan penyelenggara sertifikasi untuk gelar Certified Financial Planner® (CFP®) dan Registered Financial Planner® (RFP®) di Indonesia. FPSB Indonesia didirikan pada 15 Februari 2006 untuk memenuhi kebutuhan standarisasi profesi perencana keuangan di Indonesia. FPSB Indonesia memegang lisensi sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi untuk bidang perencanaan keuangan dari dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Indonesia, sebagaimana diamanahkan oleh UU No. 13 Republik Indonesia tentang Ketenagakerjaan.

Selengkapnya dapat diakses di sini.

Bagaimana cara saya mendaftar kursus di IndonesiaX?

Selengkapnya dapat diakses di sini.

Tri Djoko Santoso, CFP®

Tri Djoko Santoso, CFP®

Tri Djoko Santoso, CFP® merupakan figur yang tidak asing lagi di dunia IT dan keuangan. Beliau mengawali karier di IBM Indonesia dengan posisi akhir Marketing Development Manager SME. Beliau menjadi Vice President di PT Bank Bali dan kemudian Presiden Direktur PT Bali Life, Wakil Presiden Direktur PT Prudential Bancbali Life Assurance (1995-2000) dan Wakil Presiden Direktur PT Panin Life, Tbk. (2000-2010), dan Presiden Direktur PT Alto Network (2011-2017)

Tri Djoko mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Financial Planning Standards Board (FPSB) Indonesia di tahun 2006. Lembaga ini memiliki lisensi penyertifikasi perencana keuangan ekslusif untuk Kawasan Indonesia dari FPSB Global yang berpusat di Denver, Amerika Serikat.

Tri Djoko memiliki gelar sarjana dari program studi ilmu matematika Universitas Indonesia pada tahun 1983, serta gelar master dalam bidang finance dari Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Krida Wacana pada tahun 2016. Selain itu, Graduate Diploma life insurance dan Graduate Diploma financial planning dari sekolah keuangan terkemuka di Singapura, The Singapore College of Insurance tahun 2004 -2005.

Tri Djoko memiliki 4 sertifikat global dalam bidang keuangan yaitu CFP® dari FPSB Indonesia, ChFC® dan CLU® dari The American College USA dan AEPP® dari SWWEPP United Kingdom dan EPPL Asia.