Skip to main content

Contract Law: From Trust to Promise to Contract IndonesiaX

  1. Course Number

    IX101
  2. Classes Start

    Mar 08, 2017
  3. Classes End

    Apr 30, 2017
  4. Estimated Effort

    2 jam/minggu

Kontrak adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari, muncul dalam kerjasama, kepercayaan, perjanjian atau kredit. Bagaimana kontrak terbentuk? Apa yang membuat kontrak memiliki kekuatan? Apa yang terjadi jika salah satu pihak ingkar janji?

Tentang Kursus

Kursus Contract Law: From Trust to Promise to Contract ini ditawarkan oleh IndonesiaX sebagai hasil kerjasama dengan edX, sebuah inisiatif bersama antara Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang berdiri di tahun 2012. edX menawarkan kursus-kursus online berkualitas tinggi dari berbagai universitas dan institusi terbaik di dunia.

Kursus ini dikembangkan oleh HarvardX, inisiatif pembelajaran online Universitas Harvard. Dengan pengajar Profesor Charles Fried dari Harvard Law School, salah satu dari para ahli terkemuka di dunia dalam bidang hukum kontrak. Video ini dibawakan dalam bahasa Inggris dan IndonesiaX menyediakan teks dalam bahasa Indonesia sehingga Siswa IndonesiaX berkesempatan mempelajari hukum kontrak dari perspektif Profesor Charles Fried. Ditambah lagi, transkrip kursus ini dapat diunduh dalam bahasa Indonesia secara gratis agar materi kursus dapat lebih diakses oleh masyarakat Indonesia.

Profesor Fried, yang telah mengajar di Harvard Law School selama lebih dari 50 tahun, telah menulis banyak artikel mengenai kontrak. Bukan hanya karena Profesor Fried ahli di bidang hukum kontrak, tapi juga karena ia menggunakan teknik berkisah dalam menjelaskan topik sehingga menciptakan pengalaman unik dan menarik di kelas.

Kontrak adalah perjanjian yang berkekuatan hukum. Namun, kapan hukum batal secara hukum? Apa yang terjadi jika salah satu pihak tidak memegang janji sesuai kesepakatan? Kita dihadapkan dengan berbagai kontrak di berbagai aspek kehidupan – menyetujui ketentuan waktu mengunduh program baru komputer, menyewa kontraktor untuk membetulkan atap yang bocor, dan bahkan ketika memesan makanan di restoran. Mengetahui prinsip-prinsip dalam kontrak adalah keahlian yang bukan hanya dibutuhkan oleh pengacara, tetapi juga keahlian yang mencerahkan setiap orang akan suatu hal penting yang kita gunakan setiap waktu dan umumnya telah tersedia.

Kursus hukum kontrak, beserta materi baru dan studi kasus terbaru, didesain untuk memperkenalkan tentang masalah yang muncul ketika kita memasuki dan menegakkan kontrak. Kursus ini akan mendukung sebuah pengenalan pada apa itu kontrak dan menganalisis tujuan dan pentingnya kontrak. Selanjutnya, kursus ini akan mendiskusikan maksud dibentuknya relasi legal, legalitas dan moralitas, dan perbedaan antara hadiah dan tawar-menawar. Kursus ini juga akan menginvestigasi masalah umum seperti janji sepihak, kesalahan, penipuan, dan kegagalan. Dengan pengetahuan tentang bagaimana membuat kontrak dan bagaimana kontrak bisa cacat, Profesor Fried akan mendiskusikan solusi dan kinerja spesifik yang dituju. Pada akhirnya, Profesor Fried akan memperkenalkan bagaimana kontrak akan membuat hak untuk pihak ketiga.

Tujuan Belajar

  • Latar belakang teori kontrak, kepercayaan, dan janji
  • Kontrak yang didukung oleh pemerintahan dan kontrak yang tidak didukung oleh pemerintah
  • Janji yang menyesatkan, penawaran, dan penerimaan
  • Keterbatasan hukum kontrak
  • Penulisan dan interpretasi kontrak
  • Konsep kunci termasuk kesalahan, kecurangan, kegagalan; solusi dan kinerja spesifik; dan pihak ketiga
  • Profil Instruktur

    Charles Fried

    Profesor Beneficial bidang Hukum di Harvard Law School

    Charles Fried adalah Profesor Beneficial di Harvard Law School yang telah mengajar sejak 1961. Saat ini, Fried mengajar Contracts and Constitutional Law. Beliau pernah menjadi Jaksa Agung Amerika Serikat dari 1985 hingga 1989, dimana ia mengajukan kasasi atas 25 perkara di Mahkamah Agung. Fried juga pernah menjadi Hakim di Mahkamah Agung Yudisial Massachusetts dari 1995 hingga 1999.

    Fried telah menulis banyak buku termasuk Anatomy of Values, Right and Wrong, Modern Liberty, Contract as Promise, Making Tort Law, and Saying Where the Law Is: The Constitution in the Supreme Court, serta lebih dari 30 artikel jurnal.

    Enroll