Skip to main content
Kode Kursus
ITB101
Kursus Dimulai
Nov 10, 2017
Kursus Berakhir
Dec 17, 2017
Estimasi Waktu Belajar
1 jam/minggu
Harga
Free

Tentang Kursus

CPD Points: 10

Kita kini sudah berada di era informasi dimana siapa yang menguasai informasi adalah pemenangnya. Dalam kehidupan sehari-hari pemanfaatan teknologi informasi sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Sebagai contoh, kita sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari handphone.

Namun, pemanfaatan teknologi informasi ini mengandung risiko. Penyalahgunaan teknologi informasi mengakibatkan fraud dan kejahatan-kejahatan lainnya. Kursus ‘Information Security: Protecting Your Information in the Digital Age’ akan memberi contoh berbagai ancaman pemanfaatan teknologi informasi.

Prinsip-prinsip keamanan informasi akan dibahas dalam kursus ini. Kursus ini akan dibawakan oleh Ir. Budi Rahardjo, M.Sc., Ph.D., Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB).

Tujuan Belajar

Melalui kursus ini, siswa diharapkan memahami pentingnya pengamanan informasi. Selain itu, siswa diharapkan menguasai prinsip-prinsip keamanan informasi dan mengetahui cara mengamankan informasi dengan menggunakan berbagai kendali.

Topik Kursus

  • Minggu 1

    Pemanfaatan Teknologi Informasi

  • Minggu 2

    Ancaman-ancaman terhadap Penggunaan Teknologi Informasi

  • Minggu 3

    Prinsip-prinsip Keamanan Informasi – Part 1

  • Minggu 4

    Prinsip-prinsip Keamanan Informasi – Part 2

Profil Instruktur

Instructor

Ir. Budi Rahardjo, M.Sc., Ph.D.

Budi Rahardjo adalah dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) dan pengusaha di bidang teknologi informatika (TI). Beliau memperoleh gelar PhD dari University of Manitoba Winnipeg, Kanada (1991-1997) dan MSc di bidang electro biomedical engineering dari universitas sama (1987-1990) dan Sarjana Teknik Elektro (Ir.) dari Institut Teknologi Bandung (1981-1986). Beliau merupakan mentor untuk kelas MBA di CIEL SBM ITB (2013-sekarang) dan mentor di Founder Institute (2012-sekarang). Budi sempat menjadi pengelola domain .id di Indonesia (1997-2005). Ia merupakan pendiri PT Insan Infonesia (1996-sekarang) dan chief technology officer di PT INDO CISC (2000-sekarang). Sebelumnya, ia merupakan administrator sistem dan asisten peneliti di Electrical and Computer Engineering University of Manitoba, Kanada (1989-1996); administrator sistem UNIX di Computer Services University of Manitoba, Kanada (1987-1997), dan peneliti di Telecommunications Research Laboratories, Kanada (1995-1997).

Enroll