Skip to main content

Introduction to Engineering & Design InstitutTeknologiBandung

  1. Course Number

    ITB102
  2. Classes Start

    Sep 04, 2017
  3. Classes End

    Oct 08, 2017
  4. Estimated Effort

    1 jam/minggu

Tentang Kursus

Rekayasa dan desain memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Setiap aspek kehidupan manusia sehari-hari terkait erat dengan rekayasa dan desain. Mulai dari rumah, jalan, bangunan, dan kendaraan yang kita gunakan sehari-hari merupakan karya nyata rekayasa dan desain.

Rekayasa merupakan rancangan dan analisa kreatif yang memanfaatkan energi, material, gerak, informasi, dan teknologi untuk melayani kebutuhan manusia dengan cara yang kreatif. Sementara desain adalah rancangan yang digunakan untuk membuat suatu hal.

Rekayasa dan desain memiliki fungsi utama yakni untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat secara sistematis. Dalam menyelesaikan masalah ini, rekayasa dan desain membutuhkan analisis rancangan yang kreatif, inovatif, dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni sehingga menghasilkan solusi yang tepat guna, efektif, ekonomis, dan efisien.

Kursus ‘Introduction to Engineering and Design’ akan mengajak Anda memahami mengenai rekayasa dan desain. Kursus ini akan dibawakan oleh instruktur Dr. Ary Setijadi Prihatmanto, ST, MT, Dosen STEI ITB.

Tujuan Belajar

Dengan mengikuti kursus ini, siswa diharapkan dapat memahami definisi engineering, problem solving sebagai inti dari engineering atau kerekayasaan, dan beberapa contoh ilustrasi proses kerekayasaan. Selain itu, siswa diharapkan memahami basic science, engineering science, dan system engineering; mengenal berbagai macam disiplin ilmu kerekayasaan, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan posisi TIK dalam engineering. Siswa juga diharapkan memahami definisi desain dan proses desain sebagai inti dari proses perekayasaan.

Topik Kursus

  • Minggu 1: Rekayasa dan Peradaban Manusia
  • Minggu 2: Proses Kerekayasaan
  • Minggu 3: Kerekayasaan Sepanjang Peradaban
  • Minggu 4: Engineer
  • Profil Instruktur

    Dr. Ary Setijadi Prihatmanto, ST, MT

    Ary adalah dosen Sekolah Tinggi Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB). Ia menyelesaikan program doktoral di bidang informatika terapan di Johannes Kepler University of Linz (2006), magister teknik di bidang teknik elektro (1998) dan sarjana teknik di bidang teknik elektro (1995) di ITB. Beliau juga merupakan Direktur Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi ITB (2015-sekarang), seorang expert Southeast Asian Ministry of Education on Open Learning Center (SEAMOLEC) (2015) dan Direktur Indonesia Digital Media Forum (2013-2015).

    Enroll