Skip to main content

Self Driving: Are You a Driver or a Passenger? RumahPerubahan

  1. Course Number

    RP102
  2. Classes Start

    Oct 01, 2017
  3. Classes End

    Nov 12, 2017
  4. Estimated Effort

    1 jam/minggu

Tentang Kursus

CPD Points: 10

Sejak dilahirkan ke dunia ini, manusia sudah diberikan “kendaraan” yang disebut dengan “Self”. Dengan “Self”, manusia bisa mengembangkan semua potensinya dan mencapai sesuatu yang tak pernah terbayangkan. Apalagi dengan dunia yang terus berubah, dibutuhkan manusia-manusia berkarakter driver yang berkompetensi, cekatan, gesit, berinisiatif, dan kreatif.  

Selain karakter driver, ada juga yang disebut passenger. Jika diibaratkan seperti penumpang di dalam mobil, mereka boleh tertidur bahkan tak perlu tahu jalan pun, mereka sudah sampai pada tempat tujuan. Namun, tahukah Anda? Ternyata tanpa disadari mentalitas passenger sudah tertanam sejak anak masih kecil bahkan hingga anak sudah memasuki perguruan tinggi. Hal ini mengakibatkan lahirnya kaum muda yang cenderung pandai, namun output-nya adalah manusia-manusia ‘penumpang’.

Selain itu banyaknya generasi wacana yang timbul karena cara mendidik selama ini. Fokusnya adalah buku teks, yaitu memindahkan pengetahuan dari buku teks ke kertas ujian. Jadi pintar itu adalah pintar kertas, dan sarjananya mungkin saja sarjana kertas.

Akibat pendidikan yang demikian, fenomena passenger sangat menonjol dalam kalangan terdidik. Lalu saat menjalani peran sebagai eksekutif muda, mereka menjalani kehidupan rutin sehingga dikendalikan oleh autopilot-nya yang terprogram rapi, cenderung menghindari risiko. Bahkan di bangku kehidupannya mereka boleh mengantuk atau tertidur.

Berbeda dengan seorang manusia driver. Seorang driver jangankan tertidur, mengantuk saja tidak boleh. Mereka dipaksa untuk berenang, mengayuh, dan berlari cepat. Mereka harus inisiatif dan kreatif dalam menentukan jalan mana yang akan mereka lalui. Tentunya melatih hal tersebut bukanlah hal yang mudah, namun bukankah pendidikan diberikan untuk mengubah manusia?

Kursus ini akan memperkenalkan kepada Anda mental driver yang harus dimiliki dan mental passenger yang harus dihindari.

Topik Kursus

  • Minggu 1: Introduction to Self Driving Course
  • Minggu 2: Winners vs Losers
  • Minggu 3: Myelin: Pentingnya ‘Muscle Memory’
  • Minggu 4: The Power of Simplicity
  • Minggu 5: Passengers Can Become Drivers
  • Profil Instruktur

    Profesor Rhenald Kasali, Ph.D

    Pendiri Rumah Perubahan dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

    Prof. Rhenald Kasali, Ph.D memperoleh gelar S-1 dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, serta S-2 dan S-3 dari University of Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat. Beliau mendirikan Yayasan Rumah Perubahan sebagai wadah kewirausahaan sosial yang dijalaninya untuk turut memecahkan persoalan sehari-hari kehidupan masyarakat. Ia mendirikan TK-PAUD Kutilang untuk menangani pendidikan anak usia dini, Rumah Baca Manca yang diperuntukan untuk anak-anak kurang mampu agar dapat membaca buku, serta melatih orang-orang muda mejadi pengusaha yang beretika.

    Beliau juga telah banyak meriset dan menulis buku-buku best seller seperti Change, Self Driving, Lets Change, dan buku lainnya di bidang bisnis, manajemen, dan pendidikan. Selain aktif di dunia pendidikan dan sosial, beliau juga turut terlibat menerapkan manajemen perubahan pada sejumlah koorporasi dan instansi pemerintah, seperti menjadi panitia seleksi Komisi Pemberantasan Korupsi selama empat kali. Selebihnya mengenai beliau bisa dilihat di website www.rumahperubahan.com, akun Twitter @Rhenald_Kasali, dan Facebook Rumah Perubahan RHENALD KASALI.

    PROFIL ASISTEN PENGAJAR

    Course Staff Image #2

    Sekar Harumningtyas

    ASISTEN PENGAJAR

    Sekar Harumningtyas menamatkan program S1 dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia. Ia mengambil jurusan Ilmu Komunikasi dengan fokus studi Ilmu Jurnalistik. Perempuan kelahiran 1993 ini berhasil menyelesaikan studinya dalam waktu 3,5 tahun dengan mendapatkan gelar cumlaude. Semasa kulliah, ia aktif dalam organisasi radio Universitas Indonesia dan juga pernah menjadi project officer Lomba Jurnalistik se-Indonesia di tahun 2014. Saat ini Sekar menjadi salah satu dari RK Mentee, yaitu program bimbingan langsung dari Prof. Rhenald Kasali, Ph.D selama dua tahun di Rumah Perubahan.

    Dhara Monica Pangkey

    ASISTEN PENGAJAR

    Dhara Monica Pangkey (Monic) menamatkan program S1 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Semasa kuliah, perempuan kelahiran 1993 ini aktif dalam berbagai kegiatan non-akademis internal maupun eksternal, dan sempat beberapa kali memimpin kegiatan non-akademis. Selain itu, ia aktif berorganisasi di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia selama 2 periode, yaitu menjadi Staf Departemen Olahraga dan Rekreasi (2013-2014) dan mendapatkan predikat staf terbaik pada paruh pertama dan paruh kedua masa jabatnya. Pada periode selanjutnya ia menjadi Kepala Departemen Olahraga dan Rekreasi (2014-2015). Monic memiliki minat terhadap perkembangan anak usia dini, teamwork, kebudayaan, dan sastra. Setelah menyelesaikan pendidikan S1, ia bekerja di Rumah Perubahan sebagai Tim Asisten Prof. Rhenald Kasali Ph.D.

    Enroll