Skip to main content
Kode Kursus
UNPAD202
Kursus Dimulai
Nov 19, 2018
Kursus Berakhir
Dec 30, 2018
Estimasi Waktu Belajar
1 Jam/Minggu
Harga
Free

Tentang Kursus

Kursus ini akan menjelaskan ruang lingkup dan konsep manajemen keuangan, keputusan investasi, keputusan pendanaan dan analisis laporan keuangan bagi orang yang berprofesi bukan sebagai Manajer Keuangan. Kursus ini terdiri dari empat minggu kursus yang akan diisi oleh Dr. H. Sulaeman Rahman Nidar, S.E.,MBA beserta tim dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis(FEB) Universitas Padjadjaran(UNPAD)

Mengapa Anda Perlu Mengikuti Kursus Ini

Setelah mengikuti kursus ini, pembelajar diharapkan dapat memahami dasar manajemen keuangan di dalam suatu organisasi baik yang berorientasi laba maupun tidak berorientasi laba.

Terdapat forum diskusi pada kursus ini. Siswa dapat memberikan tanggapan maupun pertanyaan pada forum diskusi tersebut. Silahkan ajak rekan yang lain untuk aktif dalam form diskusi.

Selamat mengikuti kursus.

Jadwal Kursus

  • Minggu 1

    Ruang Lingkup dan Konsep Manajemen Keuangan (Part 1)

  • Minggu 2

    Ruang Lingkup dan Konsep Manajemen Keuangan (Part 2)

  • Minggu 3

    Manajemen Modal Kerja dan Capital Budgeting

  • Minggu 4

    Keputusan Pendanaan

  • Minggu 5

    Analisis Laporan Keuangan

Instruktur Kursus

Dr. H. Sulaeman Rahman Nidar, S.E.,MBA sebagai koordinator instruktur yang didukung oleh lima instruktur, diantaranya:

1. Ratna Komara, S.E., M.T.

2. Dr. M.M. Nanny Dewi Tanzil, S.E.,M.Comm.,Ak

3. Dian Masyita, S.E., M.T., Ph.D

4. Arie Widyastuti, B.Buss, M.IB

5. Layyinaturrobaniyah, S.E., M.Si.

Berikut profil mereka selengkapnya:


Instructor

Dr. H. Sulaeman Rahman Nidar, S.E.,MBA

Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen FEB UNPAD

Sulaeman Rahman Nidar memeroleh gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran pada tahun 1992. Beliau sudah menjadi tenaga pendidik di UNPAD selama 25 tahun.

Dr. H. Sulaeman Rahman Nidar, S.E.,MBA memeroleh gelar Magister dari Maastricht School of Management, Belanda dan gelar Doktor dari bidang kekhususan Manajemen Bisnis UNPAD. Beliau juga aktif saat ini sebagai Anggota ISEI(Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia) Cabang Bandung N0. 2201.00441, Anggota APSSA (Asia Pacific Student Services Association) dan Anggota IFMA (Indonesia Financial Management Association).

Instructor

Ratna Komara, S.E., M.T.

Dosen Manajemen Keuangan dan Peneliti FEB UNPAD

Ratna Komara memeroleh gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran. Beliau sudah menjadi tenaga pendidik di UNPAD lebih dari 30 tahun.

Ratna Komara, S.E., M.T. memeroleh gelar Magister Teknik dari Institut Teknologi Bandung. Beliau juga aktif sebagai Instruktur di berbagai lembaga di luar Universitas Padjadjaran baik dalam bidang corporate finance maupun personal finance.

Instructor

Dr. M.M. Nanny Dewi Tanzil, S.E.,M.Comm.,Ak

Ketua Program Studi S1 Akuntansi FEB UNPAD

Nanny Dewi Tanzil memeroleh gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran. Beliau sudah menjadi tenaga pendidik di UNPAD selama 30 tahun.

Dr. M.M. Nanny Dewi Tanzil, S.E.,M.Comm.,Ak memeroleh gelar Master Commerce in Accounting dari University of Wollongong, Australia dan gelar Doktor dari UNPAD.

Instructor

Dian Masyita, S.E., M.T., Ph.D

Dosen Manajemen Keuangan dan Peneliti FEB UNPAD

Dian Masyita memeroleh gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran. Beliau sudah menjadi tenaga pendidik di UNPAD selama 17 tahun.

Pada tahun 2018 ini, Dian Masyita, S.E., M.T., Ph.D dinobatkan sebagai salah satu dari 50 perempuan paling berpengaruh di dunia dalam Keuangan Syariah dari Womani and Cambridge IFA - UK. Beliau memeroleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung dan gelar Doktor dari Durham University, Inggris.

Instructor

Arie Widyastuti, B.Buss, M.IB

Dosen Manajemen Keuangan dan Peneliti FEB UNPAD

Arie Widyastuti memeroleh gelar Bachelor of Business dari La Trobe University, Australia. Beliau sudah menjadi tenaga pendidik di UNPAD selama 11 tahun.

Arie Widyastuti, B.Buss, M.IB memeroleh gelar Magister ganda yaitu satu gelar Master of International Business dari Deakin University, Australia dan gelar Magister Manajemen dari UNPAD.

Instructor

Layyinaturrobaniyah, S.E., M.Si.

Dosen Manajemen Keuangan dan Peneliti FEB UNPAD

Layyinaturrobaniyah memeroleh gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Beliau sudah menjadi tenaga pendidik di UNPAD selama 10 tahun.

Layyinaturrobaniyah, S.E., M.Si. memeroleh gelar Magister Sains Manajemen dari Universitas Gadjah Mada.


Profil Asisten Instruktur

Instructor

Egi Arvian Firmansyah, S.E., M.Si.

Egi Arvian Firmansyah memeroleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Pendidikan Indonesia dan gelar Magister Ilmu Manajemen dari Universitas Padjadjaran. Beliau sudah menjadi tenaga pendidik di FEB UNPAD selama 3 tahun. Beliau juga aktif sebagai pembelajar di platform MOOC Coursera dan edX sejak tahun 2014.

Instructor

Irsyad Kamal, S.E., MBA

Irsyad Kamal memeroleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Padjadjaran dan gelar Magister Bisnis Administrasi dari Institut Teknologi Bandung. Saat ini beiau sebagai Asisten Dosen UNPAD dan Menjabat sebagai Kepala NANNO Business Partner

Enroll