Skip to main content

Pertanyaan Sering Ditanyakan

Tentang IndonesiaX

  • Apa itu MOOC?

    MOOC merupakan singkatan dari Massive Open Online Course atau kursus terbuka secara daring dan massal. Kursus MOOC terbuka untuk umum, dapat diikuti oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

  • Siapa saja yang bisa belajar di IndonesiaX?

    IndonesiaX terbuka untuk umum. Semua orang dapat bergabung dan belajar aneka kecakapan, keterampilan, dan pengetahuan menarik dari para pengajar terbaik, tanpa biaya. Yang Anda butuhkan hanya koneksi internet.

  • Universitas dan instansi mana saja yang bermitra dengan IndonesiaX?

    Kini semua orang, di mana saja, dapat belajar dari pengajar-pengajar terbaik. IndonesiaX menawarkan mata ajar dari universitas-universitas dan para profesor dari perusahaan terkemuka. IndonesiaX menyeleksi instansi dan tenaga ajar dengan standar tinggi.

    Jika Anda punya rekomendasi nama universitas atau perusahaan, dan Anda tertarik mendapatkan materi ajar dari mereka, jangan sungkan beritahu kami. Kabari kami juga tentang materi ajar yang diinginkan. Kami dengan senang hati menerima masukan dan komentarmu.

Tentang Kursus

  • Apakah kursus ini bebas biaya?

    Seluruh materi ajar, termasuk video, materi soal, dan materi ujian final dapat diakses secara bebas. Yang Anda butuhkan hanya koneksi internet.

  • Bagaimana cara saya mendaftar kursus di IndonesiaX?

    Anda hanya perlu mengunjungi tautan ini: https://indonesiax.co.id/register untuk mendaftar. Pilih nama pengguna (username) yang unik dan lengkapi semua informasi yang disyaratkan di halaman registrasi.

    Jika sudah berhasil mendaftar, IndonesiaX akan mengirim tautan aktivasi ke alamat emailmu. Anda HARUS mengaktifkan akunmu di IndonesiaX dengan mengeklik tautan aktivasi yang tertera di dalam email. Akunmu tidak akan bisa berfungsi dengan baik jika belum diaktivasi.

  • Bagaimana cara saya masuk ke kelas kursus yang saya minati?

    Untuk mendaftar kursus, daftarkan dirimu sebagai siswa IndonesiaX dengan mengunjungi tautan ini: https://indonesiax.co.id/register. Setelah berhasil mendaftar, silakan cari materi ajar atau kelas kursus yang Anda minati di menu Courses Profile. Dengan sekali klik, Anda akan langsung terdaftar sebagai siswa di kelas tersebut. Anda dapat melihat pilihan materi ajar yang tersedia saat ini di sini: https://indonesiax.co.id/courses.

  • Bisakah saya mengikuti lebih dari satu kursus?

    Tentu. Anda bisa mendaftar dan mengikuti kelas kursus sebanyak yang Anda mau. Kelas ajar IndonesiaX didesain menyenangkan dan efisien, dengan dampak positif pengajaran yang signifikan. Dengan demikian, Anda bisa mengikuti kelas kursus sebanyak yang Anda mau tanpa menghabiskan banyak waktu.

  • Apakah kursus yang ditawarkan 100% daring?

    Semua aktivitas berlangsung daring di situs IndonesiaX. Seluruh aktivitas dan materi kursus ada di situs IndonesaX. Sehingga, Anda tidak perlu secara fisik menghadiri perkuliahan atau pergi ke kampus untuk mengikuti kursus. Sekali lagi, segala aktivitas ajar di IndonesiaX berlangsung dan tersedia secara daring untuk kenyamanan para siswa.

  • Seperti apa format materi kursus yang disediakan?

    Format materi kursus IndonesiaX adalah rekaman video kuliah satu arah, dilengkapi dengan animasi. Video juga dilengkapi dengan teks terjemahan untuk membantu Anda belajar lebih dalam. Anda juga bisa unduh teks video.

  • Bagaimana kursus dimulai?

    Saat sebuah kursus atau mata ajar resmi dimulai, Anda dapat mengakses seluruh materi melalui dasbor (dashboard) akunmu. Klik menu sortir vertikal di kanan atas halaman (dekat letak nama pengguna atau username), lalu klik Dashboard. Daftar kelas kursus yang Anda ikuti akan tampak di sana. Klik kelas kursus yang sudah dimulai, maka, jika diibaratkan, Anda telah masuk ke dalam kelas dan bisa mulai menyimak materi yang disampaikan.

    Anda akan diarahkan ke halaman Course Updates. Di sana, Anda bisa menyimak kabar terbaru dari para pengajar kursus atau asisten pengajar. Di bagian kiri halaman Course Updates Anda bisa menyimak halaman Courseware. Halaman ini menyimpan materi ajar dan video ajar. Anda bisa mengakses video atau pun mengerjakan soal tes di sana! Jangan lupa, materi ajar akan dirilis setiap minggu, sejak minggu pertama kursus.

  • Bisakah saya mengunduh video secara bebas?

    Ya. Tombol unduh dapat ditemukan di bagian bawah setiap video. Anda juga bisa unduh transkrip atau teks video bilamana Anda lebih suka membaca daripada menyimak video.

  • Apa arti kursus yang diarsipkan?

    Itu adalah arsip dari kursus yang telah Anda ikuti. Anda juga masih dapat mengikuti tes dan ujian final pada sesi kursus yang sudah diarsipkan. Namun, karena periode tayang telah berakhir, hasil tes dan ujian akhir yang Anda raih tidak dapat digunakan untuk memperoleh sertifikat. Anda baru dapat memproses hasil tes dan ujian tersebut saat kelas baru kursus yang sama dibuka kembali di periode selanjutnya.

Tentang Sertifikat

  • Apakah sertifikat IndonesiaX ini sah?

    Sertifikat IndonesiaX merupakan sertifikat yang sah. Sertifkat diterbitkan oleh IndonesiaX dan ditandatangani oleh instruktur dari institusi mitra serta pihak IndonesiaX, yaitu Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA dan CEO & Presiden Direktur IndonesiaX Lucyanna Pandjaitan.

  • Apakah saya dapat memperoleh sertifikat?

    Untuk memperoleh sertifikat, Anda harus melewati tes dan ujian akhir dengan tingkat keberhasilan (passing grade) minimum 50%. Anda akan dikenai biaya administrasi untuk bisa memperoleh sertifikat. Biaya administrasi untuk sertifikat satu kursus adalah Rp 250.000.

  • Bagaimana cara saya memperoleh sertifikat setelah berhasil lulus?

    Ikuti instruksi di bawah ini untuk mendapatkan sertifikat:

    1. Masuk ke halaman Dashboard
    2. Klik menu Process Certificates pada kursus yang Anda ingin dapatkan sertifikatnya (atau klik opsi Certificates pada menu navigasi)
    3. Masukkan nama pengguna (username) atau alamat email dan kata sandi (password) akunmu di IndonesiaX
    4. Centang sertifikat kursus yang ingin Anda pesan
    5. Klik tombol Pesan
    6. Periksa kembali data dirimu di Info Profil untuk memastikan kesesuaian
    7. Centang pernyataan bahwa Anda setuju dengan kebijakan privasi “Saya setuju dengan Kebijakan Privasi”
    8. Klik tombol Pembayaran
    9. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan
    10. Ikuti langkah-langkah pembayaran yang tertera sesuai dengan metode pembayaran yang Anda pilih
    11. Setelah pembayaran terverifikasi, sertifikat akan dikirim ke alamat email yang Anda masukkan sebelumnya di Info Profil
  • Bagaimana cara saya menambahkan sertifikat di profil LinkedIn?

    Silakan akses tautan berikut https://cert.indonesiax.co.id dan lakukan verifikasi dengan memasukkan username dan password Anda. Halaman yang muncul akan menampilkan daftar sertifikat kursus IndonesiaX yang telah Anda raih. Klik tombol LinkedIn di samping sertifikat yang ingin Anda tambahkan ke dalam profil LinkedIn. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman LinkedIn. LinkedIn akan meminta Anda masuk ke dalam akun Anda sebelum menyetujui permintaan penautan sertifikat. Jika Anda pilih opsi "mengizinkan", sertifikat IndonesiaX akan ditambahkan ke dalam profil LinkedIn Anda.

Tentang Akun

Tentang CPD

  • Apa itu program CPD?

    Program Continuing Professional Development (CPD) merupakan program pemeliharaan dan peningkatan kemampuan profesi tersertifikasi di bidang keuangan, yaitu bagi penyandang gelar Registered Financial Planner (RFP) dan Certified Financial Planner (CFP).

    Keikutsertaan pada Program CPD merupakan salah satu persyaratan wajib bagi para profesional bergelar RFP dan CFP untuk memelihara/mempertahankan gelar keprofesiannya. Dengan kata lain, program CPD diwajibkan bagi mereka yang ingin melakukan re-sertifikasi atas gelar RFP/CFP yang akan/telah jatuh tempo.

    Selain mengikuti Program CPD, persyaratan wajib lain untuk re-sertifikasi gelar ialah tidak pernah melanggar aturan etika dan tanggung jawab profesi dan menandatangani formulir kepatuhan pada kode etik dan tanggung jawab profesi perencanaan keuangan. Program CPD terdiri atas CPD Wajib dan CPD Pilihan.

  • Siapakah lembaga sertifikasi RFP/CFP di Indonesia?

    Lembaga Sertifikasi Profesi Financial Planning Standards Board Indonesia (LSP FPSB Indonesia) adalah badan nirlaba yang menginduk kepada lembaga sertifikasi global Financial Planning Standards Board Ltd. (FPSB), lembaga sertifikasi profesi di bidang keuangan, yang berpusat di Denver, Colorado, Amerika Serikat. FPSB merupakan pemegang lisensi CFP dan CFP (dengan logo) untuk kawasan di luar Amerika yang telah menandatangani perjanjian lisensi dan afiliasi dengan LSP FPSB Indonesia.

    LSP FPSB Indonesia telah memenuhi seluruh persyaratan dan memperoleh hak untuk melaksanakan program sertifikasi CFP dan RFP, pengembangan, pengawasan, dan promosi sertifikasi CFP dan RFP di Indonesia. Sehingga, LSP FPSB Indonesia dapat menyelenggarakan program sertifikasi CFP dan RFP (program pathway menuju CFP) di Indonesia secara ekslusif mulai tahun 2007.

    Dalam lingkup nasional, LSP FPSB Indonesia memegang lisensi sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-Profisiensi) untuk bidang perencanaan keuangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menyelenggarakan sertifikasi bagi profesi perencanaan keuangan di Indonesia, sebagaimana yang diamanahkan oleh Undang-undang No. 13 Republik Indonesia tentang Ketenagakerjaan.

    LSP FPSB Indonesia mempunyai tanggung jawab melaksanakan program sertifikasi CFP dan RFP di Indonesia; melakukan lokalisasi standar sertifikasi global CFP dan RFP di Indonesia; meregistrasi lembaga - lembaga pendidikan yang menawarkan pendidikan perencanaan keuangan; mengawasi dan memastikan administrasi ujian; memastikan setiap individu yang mengenakan gelar CFP dan RFP di Indonesia adalah memang orang yang berhak, menetapkan dan memastikan mereka menjalankan kompetensi awal maupun berkelanjutan dan memenuhi standar etika dan standar praktik bagi CFP profesional di Indonesia.

  • Siapakah yang berhak mengikuti program RFP/CFP?

    Sertifikasi dari LSP - FPSB Indonesia dirancang sedemikian rupa untuk menilai kemampuan para calon dalam mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari pelatihan perencanaan keuangan ke bentuk sertifikasi yang terpadu. Tujuannya untuk memastikan agar masyarakat terlindungi, yaitu dengan memastikan bahwa semua pemegang sertifikat LSP - FPSB Indonesia berada pada tingkat kompetensi yang memadai untuk menjalankan tugasnya.

    LSP - FPSB Indonesia menetapkan persyaratan ketat bagi individu yang ingin mengambil program sertifikasi RFP® dan CFP® di Indonesia. Sertifikasi RFP® dan CFP® berlaku 2 (dua) tahun dan dapat diperbaharui (resertifikasi) untuk 2 (dua) tahun berikutnya.

    Para calon yang ingin mengikuti sertifikasi CFP® disyaratkan memenuhi salah satu ketentuan berikut : (1) Sarjana dari lembaga pendidikan yang diakui di Indonesia dengan pengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun di industri jasa keuangan atau sedang mengikuti program supervisi sesuai ketentuan LSP - FPSB Indonesia paling lama 1 (satu) tahun atau (2) SMU dengan pengalaman kerja selama minimal 5 (lima) tahun di industri jasa keuangan.

    Para calon yang ingin mengikuti sertifikasi RFP®, dipersyaratkan memiliki latar belakang akademis minimal SMU dan memiliki minimal 1 tahun pengalaman kerja di industri jasa keuangan.

    Adapun 4E ketentuan awal pengambilan sertifikasi CFP® dan RFP®, yaitu :

    1. E1 - Education
      Ketentuan E1 wajib diikuti oleh setiap calon, kecuali calon tersebut memenuhi persyaratan pengecualian. Pelatihan dapat diikuti di lembaga pelatihan yang terdaftar di LSP - FPSB Indonesia yang dapat diakses melalui www.fpsbindonesia.net.
      Pengecualian dapat dipertimbangkan melalui permintaan secara tertulis, bila calon mempunyai kualifikasi profesi berikut: CFA, CPA, ChFC, CLU, Wakil Manajer Investasi, FLMI, AAI-J atau seseorang dengan gelar akademis minimum S2 di bidang keuangan dari Universitas yang diakui di Indonesia.
    2. E2 - Examination
      Ujian dapat diikuti calon CFP® setelah calon menyelesaikan sebagian atau keseluruhan modul-modul pelatihan perencanaan keuangan dari lembaga pelatihan yang terdaftar di LSP - FPSB Indonesia. Bagi calon RFP® wajib menyelesaikan seluruh program pelatihan.
  • Siapakah yang berhak mengikuti program CPD?

    Karena program ini terafiliasi dengan program pendidikan dan sertifikasi RFP/CFP, maka yang berhak mengikuti ialah mereka yang bergelar RFP/CFP.

  • Berapa banyak CPD Points yang harus diambil anggota FPSB Indonesia?

    Ketentuan CPD setiap 2 tahun adalah :

    1. RFP adalah 20 CPD Point
    2. CFP adalah 40 CPD Point

    Kebijakan Ketentuan CPD 2017

    Anggota dapat memenuhi ketentuan CPD melalui:

    1. Kursus online pilihan bertanda “CPD” di www.indonesiax.co.id | Maksimal 16 CPD points
    2. E-learning dan E-examination Kode Etik CFP/RFP di www.fpsbindonesia.net | Maksimal 15 CPD points
    3. Seminar, edukasi, dan kegiatan tatap muka lainnya, yang diselenggarakan oleh provider CPD | Maksimal 15 CPD points
    4. Program dan sertifikat pelatihan perencanaan keuangan
      a. Program QWP (15 CPD point)
      b. Program AEPP (15 CPD point)
    5. Pengakuan atas Lisensi dan Sertifikasi yang masih berlaku
    6. Lisensi agensi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), lisensi Waperd, dan lisensi lainnya yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
    7. Menulis atau mengajar tentang perencanaan keuangan di media atau di institusi pendidikan | Maksimal 10 CPD points
  • Saya sudah terdaftar dan mengikuti kursus di IndonesiaX sebelumnya, serta sudah dinyatakan lulus. Tetapi saat itu kursus tersebut belum memiliki bobot CPD points. Apakah sertifikat yang saya peroleh dari kursus itu tetap digunakan untuk memperoleh CPD points?

    Menurut aturan yang berlaku umum di IndonesiaX, siapa saja yang sudah dinyatakan lulus kursus dapat mengklaim sertifikat kelulusan kapan pun, bahkan setelah kursus gelombang tersebut berakhir. Maka, anggota FPSB Indonesia yang sudah tergabung di IndonesiaX sebelum Program CPD diluncurkan tetap dapat mengklaim/mengambil sertifikat dari kursus yang sudah lampau. Namun, atas sertifikat tersebut, potongan 15% untuk re-sertifikasi atas gelar CFP/RFP tidak berlaku.

    Keputusan tentang pengakuan dan konversi sertifikat menjadi jumlah tertentu CPD points merupakan kewenangan penuh FPSB Indonesia. Oleh karenanya, peserta terkait tetap dapat mengirimkan/menyerahkan sertifikat kursus IndonesiaX kepada FPSB Indonesia untuk ditelaah lebih jauh.

Tentang Lain-lain

  • Apakah ada IndonesiaX tersedia dalam aplikasi ponsel iOS dan Android?

    IndonesiaX tersedia dalam format aplikasi ponsel iOS dan Android. Anda juga bisa mengunduh video ajar lewat aplikasi ini. Saat ini Anda belum bisa mengakses forum diskusi melalui aplikasi ponsel. Namun kami berharap fitur ini bisa segera diakses melalui ponsel.

    Anda bisa unduh aplikasi lincah (mobile application) IndonesiaX melalui tautan ini:

    iOS atau Android

  • Apa saya boleh membagikan konten materi kursus?

    IndonesiaX ada agar setiap orang dapat belajar dari para pengajar dan pakar terbaik. Para learners dapat mengunduh semua video dan teks secara bebas, membaginya dengan teman, rekan sekelas, keluarga, dan kolega. Para guru juga dapat menggunakan beberapa video untuk menunjang kegiatan mengajar mereka di kelas. Kami mendukung Anda untuk berbagi.

    Meski demikian, Anda tidak diperkenankan mengunggah materi kursus IndonesiaX ke platform publik apa pun, semisal akun pribadi saluran YouTube. Jika ingin berbagi kabar tentang kursus IndonesiaX di forum atau situs publik, Anda dapat berbagi tautan dari situs IndonesiaX atau pun halaman media sosial resmi IndonesiaX. Terima kasih atas pengertian dan antusiasme Anda dalam menyebarluaskan kabar baik tentang kursus online gratis.