Skip to main content
profile-partner-cover

LPS

Industri perbankan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam perekonomian nasional demi menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional. Stabilitas industri perbankan sangat mempengaruhi stabilitas perekonomian secara keseluruhan.

Pada tanggal 22 September 2004, Presiden Republik Indonesia mengesahkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 tentang Lembaga Penjamin Simpanan. Berdasarkan Undang-Undang tersebut, LPS, suatu lembaga independen yang berfungsi menjamin simpanan nasabah penyimpan dan turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannya dibentuk.Undang-undang tersebut diubah dengan Undang-undan No.7 tahun 2009.

Undang-undang ini berlaku efektif sejak tanggal 22 September 2005, dan sejak tanggal tersebut LPS resmi beroperasi. LPS merupakan lembaga yang independen, transparan, dan akuntabel dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. LPS bertanggung jawab kepada Presiden. LPS berkedudukan di Jakarta dan dapat mempunyai kantor perwakilan di wilayah negara Republik Indonesia. LPS menjamin simpanan nasabah bank yang berbentuk tabungan, deposito, giro, sertifikat deposito, dan bentuk lain yang dipersamakan dengan itu.

https://www.lps.go.id/

Sulaeman Rahman Nidar

Dr. H. Sulaeman Rahman Nidar, S.E.,MBA

Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen FEB UNPAD

Sulaeman Rahman Nidar memeroleh gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran pada tahun 1992. Beliau sudah menjadi tenaga pendidik di UNPAD selama 25 tahun.

Dr. H. Sulaeman Rahman Nidar, S.E.,MBA memeroleh gelar Magister dari Maastricht School of Management, Belanda dan gelar Doktor dari bidang kekhususan Manajemen Bisnis UNPAD. Beliau juga aktif saat ini sebagai Anggota ISEI(Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia) Cabang Bandung N0. 2201.00441, Anggota APSSA (Asia Pacific Student Services Association) dan Anggota IFMA (Indonesia Financial Management Association).