Skip to main content
profile-partner-cover

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia, biasa disingkat sebagai UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni. Secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.

http://www.ui.ac.id/

  • edmon-makarim-photo

    Dr. Edmon Makarim, S.Kom, SH, LL.M

    Ketua Lembaga Kajian Hukum Teknologi Fakultas Hukum Universitas Indonesia

    Edmon Makarim adalah dosen inti penelitian bidang Hak Kekayan Intelektual dan Telematika Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Beliau memperoleh gelar sarjana komputer dari Fakultas Manajemen Universitas Gunadarma (1988-1993), sarjana hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1989-1994), lex legibus master atau master hukum dari Comparative Law, University of Washington School of Law, Seattle (2002-2004), dan doktor dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2004-2009). Ia merupakan anggota dewan penasihat Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) periode 2012-2015. Sebelumnya, beliau adalah staf ahli menteri bidang hukum, Kementerian Komunikasi dan Informasi (2008-2009), penasihat legal PT Sisindosat Lintasbuana Telematics Co (1996-1999), dan asisten pengacara SHR Law Firm (1994-1996).

  • iwan-j-azis-photo

    Professor Iwan J Azis

    Guru Besar Cornell University (AS) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia

    Profesor Iwan J. Azis adalah warga negara Indonesia yang mengajar di Universitas Cornell di Ithaca, New York, dan juga mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB-UI). Beliau memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, sebelum menerima gelar MSc (1982) dan PhD (1983) dari Universitas Cornell. Minat penelitiannya terfokus pada keterkaitan antara nexus makro-keuangan-perdagangan dengan keadaan ekonomi-sosial masyarakat. Prof. Iwan pernah bekerja di beberapa organisasi internasional dan universitas terkemuka di beberapa negara, dan memberi kesaksian tentang krisis Asia di berbagai forum internasional termasuk di Kongres AS. Selain mengajar, Prof. Iwan juga pernah menjabat sebagai direktur studi pascasarjana program Ilmu Regional di Universitas Cornell. Pada tahun 2006, beliau menerima penghargaan Distinguished Scholar untuk bidang Ilmu Regional, Ekonomi Keuangan, dan Economic Modeling.

  • fatma-lestari-photo

    Prof. Dra. Fatma Lestari, M.Si., Ph.D

    Fatma Lestari menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia pada tahun 1993, S2 di fakultas yang sama pada tahun 1997, dan program doktoral di School of Risk dan Safety Science, University of New South Wales (UNSW), Australia pada tahun 2006. Sejak ditetapkan sebagai guru besar pada tahun 2014, beliau adalah profesor pertama di bidang keselamatan dan kesehatan kerja dari Universitas Indonesia. Saat ini beliau merupakan dosen program studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Ketua Modul Pengelolaan Bencana Rumpun Ilmu Kesehatan UI tahun 2016, direktur Disaster Research dan Response Center (DRRC) Universitas Indonesia, dan juga Ketua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) Universitas Indonesia.

  • arry-yanuar-photo

    Dr. Arry Yanuar, M.Si., Apt.

    Arry Yanuar adalah seorang associate professor di Fakultas Farmasi Universitas Indonesia. Setelah menempuh pendidikan S1 dan pendidikan profesi dari Universitas Indonesia pada tahun 1990, beliau melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Gajah Mada. Dan pada tahun 2006, beliau menyelesaikan program doktoral dengan jurusan structural biochemistry dari Nara Institute of Science and Technology (NAIST), Jepang. Fokus penelitan beliau adalah penemuan molekul aktif dari alam Indonesia, pengembangan pusat data untuk produk alami dan sintetik, dan juga pengembangan desain obat-obatan menggunakan bantuan komputer dengan menggunakan teknik molecular modeling.

  • renti-mahkota-photo

    Renti Mahkota, SKM, M.Epid.

    Renti Mahkota merupakan dosen departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan dosen Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Universitas Indonesia. Pengelolaan bencana adalah salah satu mata kuliah yang beliau diajarkan di RIK. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia pada tahun 1997 dan pendidikan S2 dari Program Studi Epidemiologi FKM UI pada tahun 2002. Selain menjadi dosen, beliau merupakan Sekretaris Program Studi S2 Epidemiologi FKM UI dan Sekretaris dari Pusat Riset Epidemiologi dan Surveilans FKM UI dengan salah satu penelitian kerjasama dgn UNICEF yaitu mengenai kesehatan dan kematian bayi dan balita pada 4 wilayah termiskin di Indonesia. Pada tahun 2010, beliau juga melaksanakan riset tentang gempa bumi di Padang.

  • rezi-riadhi-photo

    Rezi Riadhi Syahdi, M. Farm

    Rezi Riadhi merupakan instruktur paling muda dalam kelas Disaster Management. Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana dari program studi Farmasi Universitas Indonesia pada tahun 2010, beliau menyelesaikan pendidikan magister dengan program studi yang sama dan dari universitas yang sama pada tahun 2012. Fokus penelitiannya adalah desain obat rasional dan penapisan bahan alam untuk senyawa obat. Selain menjadi peneliti dan staf pengajar di Fakultas Farmasi UI, saat ini beliau juga dipercaya sebagai Koordinator Kemahasiswaan Fakultas Farmasi UI.

  • riyadh-firdaus-photo

    Dr. Riyadh Firdaus, Sp.AN

    Riyadh Firdaus menyelesaikan pendidikan dokter di Universitas Indonesia pada tahun 2001 dan mengambil spesialisasi Anesthesiology dari Universitas Indonesia pada tahun 2007. Beliau menjadi Ketua Modul Pengelolaan Bencana Rumpun Ilmu Kesehatan UI pada tahun 2014 dan pernah diikutsertakan sebagai Disaster Relief Team di beberapa kejadian bencana seperti di Yogyakarta (2005), Cina (2008), Padang (2009), dan Haiti (2010). Selain menjadi staf di departemen Anaesthesiology & Intensive Care FKUI-RSCM, saat ini beliau merupakan anggota DRRC (Disaster Research & Response Center) UI dan juga sedang menjalani program spesialisasi “Neuroanesthesiology” dari Universitas Padjajaran.

  • tuti-herawati-photo

    Tuti Herawati, S.Kp., M.N.

    Tuti Herawati menyelesaikan pendidikan S1 dari Fakultas Ilmu Keperawatan UI pada tahun 1998 dan pendidikan S2 dari University of Technology Sydney pada tahun 2007. Publikasi dan penelitian beliau memiliki tema terkait keselamatan pasien (patient safety) dan juga peran perawat dalam penanganan bencana.